Rabu, 22 April 2009

Anatomi vertebra

created by sterno

Vertebra merupakan tulang tak beraturan yang membentuk punggung dan mudah digerakan, serta mempunyai 33 ruas. Fungsinya yaitu menahan kepala dan anggota tubuh yang lain, melindungi organ-organ vital, sebagai tempat melekatnya tulang iga dan tulang panggul, serta menentukan sikap tubuh.

Vertebra mempunyai ciri-ciri umum adanya processus spinosus kecuali pada cervical I, adanya arcus vertebra, dan corpus vertebra. Arcus vertebra dan corpus vertebra dihubungkan dengan pedicle yang di bagian atas dan bawah terdapat incisura vertebra superior dan inferior. Corpus vertebra dan arcus vertebra akan bergabung satu dan membentuk foramen vertebra yang bila disusun dalam rangkaian vertebra akan membentuk canalis vertebra.

Incisura superior dan inferior dari vertebra lainnya akan membentuk foramen intervertebralis yang akan dilalui nerve spinalis. Processus transversus kiri dan kanan ada dititik pertemuan antara arcus dengan pedicle. Setiap corpus akan tersusun dengan corpus yang lainnya dan diantaranya terdapat bantalan disebut discus intervertebralis yang merupakan jaringan kartilago dan terdiri dari dua bagian yaitu annulus fibrosus dan nucleus pulposus.

1 komentar:

  1. Mohon maaf dan izinnya saya sudah copy paste, saya sedang mencari corpus vertebra yang mudah dipahami. Terima kasih

    BalasHapus